Trik Menghemat Energi Listrik di Rumah

Anda pasti sudah banyak yang tahu bahwa selain ramah lingkungan, hemat energi juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran biaya listrik. Mengurangi biaya rekening listrik setiap bulan dianggap penting karena bisa membantu mengurangi pengeluaran bulanan. Lalu, bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah? Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda coba.

Memakai Lampu Hemat Energi

Lampu hemat energi, seperti jenis CFL (compact fluorescent light) dan LED (light emiting diode) memakai daya listrik yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan lampu jenis  filament (lampu kawat pijar) untuk bisa menghasilkan daya terang yang sama. Karena itulah, untuk menghemat energi listrik, gunakanlah lampu jenis CFL atau LED.

Matikan Alat Listrik yang Tak Terpakai

Tetap menyalakan alat listrik yang tak terpakai seperti AC dan TV dan AC ketika meninggalkan ruangan adalah pemborosan daya listrik. Pastikan matikan alat-alat listrik yang tidak diperlukan saat meninggalkan ruangan agar energi listrik bisa dihemat.

Gunakan Energi Listrik Lebih Efisien

Salah satu contoh sederhana dari menggunakan energi listrik lebih efisien adalah menyetrika banyak pakaian sekaligus akan lebih hemat listrik ketimbang kita menyetrika pakaian satu per satu dalam waktu/hari yang berbeda. Ingat, setrika listrik butuh energi ekstra untuk pemanasan sebelum akhirnya bisa dipakai untuk menyetrika pakaian.

Pilih Alat Elektrik dan Alat Elektronik yang Punya Fitur Hemat Energi

Saat ini produsen alat elektronik sudah banyak yang menciptakan produk yang lebih ramah energi. Teknologi hemat energi adalah fitur yang bisa mematikan secara otomatis TV  jika tidak ada yang menonton atau fitur mematikan layar komputer setelah beberapa menit tidak dipakai.

Buka Jendela dan Gorden Saat Siang Hari

Membuka jendela dan gorden saat siang hari bisa memaksimalkan pencahayaan di dalam rumah sehingga bisa membantu mengurangi kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu. Membuka jendela juga bisa mengurangi hawa panas di dalam rumah sehingga kebutuhan memakai pendingin udara atau kipas angin bisa dikurangi saat siang hari.

Pakai Tangki Penampung Air

Pompa air sebaiknya tidak terlalu sering menyala karena tiap kali menyalakan pompa air, diperlukan daya listrik awal yang jauh lebih besar daripada daya listrik yang diperlukan saat operasi stabil. Dengan memakai tangki penampung air, kita hanya perlu menyalakan pompa air sesekali untuk mengisi tangki air yang mungkin cukup dipakai seharian.

Semoga trik di atas berguna dan selalu ingat untuk menjaga kebersihan lantai, rutinlah membersihkannya dengan alat pembersih lantai yang praktis dan inovatif, Magiclean Wiper!