Tips Mengajarkan Si Kecil Tugas-Tugas Rumah Tangga

Karena alasan tidak tega dan tidak adanya waktu, seringkali orangtua lebih suka mengerjakan tugas-tugas rumah tangga sendiri daripada meluangkan sedikit waktu mereka untuk mengajar anak-anak agar bisa membantu mengerjakannya. Padahal dengan mengajarkan mereka mengerjakan tugas rumah tangga,  anak-anak akan dilatih memiliki rasa tanggung jawab.

Selain itu, dengan mengajak Si Kecil untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga bersama pekerjaan kita sebagai orang tua akan lebih ringan dan hubungan keluarga menjadi lebih erat. Berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan Si Kecil tugas-tugas rumah tangga.

Membereskan Kamar Sendiri

Ajarkan Si kecil untuk bisa membereskan kamar segera setelah ia bangun di pagi hari, seperti melipat selimut dan merapihkan seprai. Untuk Si Kecil yang masih balita mungkin bisa dimulai dengan hanya melipat selimut, sedangkan untuk mereka yang sudah lebih besar bisa ditambah dengan mengajarkannya untuk merapihkan seprai.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan mereka juga untuk selalu menaruh pakaian kotor  di keranjang pakaian kotor. Begitu pula dengan mainan yang harus segera dikembalikan ke tempatnya semula selesai ia mainkan.

Membersihkan Rumah

Jangan salah, Si Kecil yang masih balita bisa diajarkan untuk membantu membersihkan rumah, seperti membersihkan debu yang menempel di perabotan dengan lap atau bulu ayam. Memang hasilnya akan beragam, tapi yang penting bukanlah bersihnya perabot atau hasil pekerjaannya melainkan membiasakan Si Kecil untuk mau membantu bekerja sejak kecil.

Untuk anak yang lebih besar, kita bisa mengajarkannya untuk membantu menyapu dan mengepel lantai. Agar pekerjaan menyapu dan mengepel menjadi lebih mudah, jangan lupa untuk selalu menggunakan Magiclean Wiper, pembersih lantai yang praktis dan inovatif.

Mencuci Piring

Setelah makan, latih Si Kecil untuk  untuk membantu mencuci piring, paling tidak piringnya sendiri. Untuk Si Kecil yang masih balita bisa dimulai dengan mengajarkannya untuk membantu mengelap piring atau sendok yang basah. Sedangkan untuk mereka yang lebih besar bisa diajarkan untuk mencuci piring dengan benar, mulai dari cara memberi sabun cuci piring benar sampai membilasnya dengan air bersih.

Membersihkan Halaman

Agar tempat tinggal tampak asri dan bersih, Si Kecil bisa diberi tugas untuk membantu mengurus halaman. Untuk Si Kecil yang masih balita, bisa dengan mengajarkan mereka untuk menyiram tanaman dan memungut sampah atau daun kering yang berserakan di halaman. Sedangkan untuk mereka yang lebih besar bisa mulai diajarkan untuk memotong rumput dan menyapu daun-daun yang rontok.

Selamat mencoba!