Panduan Menata Rumah yang Aman Bagi Balita Aktif

Anak-anak, terutama balita yang sedang dalam usia pertumbuhan, biasanya memiliki pergerakan yang sangat aktif dan rumah, umumnya menjadi ‘arena favorit’ mereka untuk melampiaskan keaktifan mereka, mulai dari bermain mainan mereka, berlari dan memanjat. Ketika anak yang sedang aktif-aktifnya seperti inilah, perhatian khusus kita berikan sebagai orangtua.

Penataan rumah sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan karena selain bisa menghambat pergerakan Si Kecil, juga bisa membahayakan keselamatan Si Kecil. Menata rumah yang ramah anak, bisa kita mulai dari pemilihan perabotan rumah yang tepat. Indy Anindita, seorang Desainer interior, menyarankan untuk selalu mengutamakan keamanan ketika kita menentukan perabot dan perlengkapan rumah.

Meja

Untuk meja, pilihlah meja berbentuk bundar atau memiliki sudut atau ujung meja yang membulat. Jika sudah ada meja di rumah yang memang memiliki ujung meja lancip, pasanglah bumper di sudut. Bumper ini bisa kita beli di toko peralatan dan perabot rumah.

Sofa

Pilih sofa yang material atau bahannya mudah dibersihkan. Ingat, higienitas furnitur rumah juga penting untuk menjaga Si Kecil yang masih balita dari bakteri serta residu pemicu alergi seperti serat-serat halus atau debu. Pilih sofa dengan cover yang bisa dibuka jadi akan lebih mudah untuk dibersihkan atau dicuci.

Rak Buku & Lemari

Si Kecil, terutama yang masih balita, kebanyakan cenderung suka memanjat. Nah, perabot seperti rak buku dan lemari biasanya jadi sasaran mereka untuk dipanjat. Hal ini sudah pasti bisa membahayakan jika rak buku dan lemari tersebut jatuh dan menimpa Si Kecil.

Seorang dokter anak dari Oregon Health and Science University, seperti dikutip dari HGTV, Dr. Ben Hoffman, memberi saran untuk mematok (memaku/menempelkan) bagian belakang rak atau lemari ke dinding. Jika terdapat benda pecah belah, ada baiknya menempatkannya di rak bagian paling atas yang sulit dijangkau Si Kecil. Benda-benda kecil yang mungkin bisa tertelan saat Si Kecil bermain juga sebaiknya ditempatkan di bagian yang sulit mereka jangkau.

Tempat Tidur

Untuk mencegah Si Kecil terbentur benda keras apabila ia terjatuh saat tidur atau bermain di atas tempat tidur, tempatkanlah matras di bagian bawah tempat tidurnya. Karena masih balita, ada baiknya jika kita memilih tempat tidur yang tidak terlalu tinggi.

Semoga tips di atas berguna dan agar Si Kecil lebih nyaman bermain di rumah, selalu bersihkan lantai seluruh ruangan di rumah dengan alat pembersih lantai yang praktis dan inovatif, Magiclean Wiper!