Lakukan 3 Langkah Sederhana Ini agar Rumah Menjadi Lebih Hijau

Di tengah kesadaran masyarakat saat ini yang semakin hari semakin tinggi akan dampak negatif pemanasan global, langkah “menghijaukan” lingkungan, termasuk lingkungan tempat tinggal seperti rumah, menjadi hal yang sangat disarankan untuk dilakukan. Istilah rumah ramah lingkungan atau sustainable home semakin hari mendapat perhatian khusus dari para pengembang perumahan dan calon pembelinya.

Tidak hanya bertujuan untuk melestarikan alam, rumah ramah lingkungan juga bisa memberi rasa tentram untuk penghuninya. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan agar rumah menjadi lebih hijau, seperti dilansir dari Zillow.com

Ganti Lampu dengan Lampu LED

Apakah lampu yang kita pakai di rumah untu menerangi ruangan masih menggunakan lampu pijar atau neon? Jika iya maka sangat disarankan untuk menggantinya dengan lampu LED. Kenapa? Karena lampu LED jauh lebih hemat energi ketimbang neon, apalagi lampu pijar. Harganya memang sedikit lebih mahal, tapi banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat.

Tidak hanya lebih efisien dalam penggunaan energi hingga 90%, jika dibanding lampu pijar, lampu LED ini juga bebas merkuri, bertemperatur lebih rendah, dan bisa dipakai sampai 6-15 tahun.

Memanfaatkan Barang Bekas

Saat  hendak membeli furnitur baru untuk rumah, cobalah untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah untuk didaur ulang kembali atau kita bisa pergi ke toko loak untuk mendapatkan barang bekas dengan harga miring lalu mengiikuti tutorial renovasi benda yang banyak tersedia di internet.

Contoh sederhananya, saat ingin mengganti meja dapur, cobalah merenovasi kayu atau besi bekas untuk diubah menjadi meja dapur yang baru.

Hemat Penggunaan Air

Konservasi air saat ini sudah menjadi salah satu fitur hijau yang dipakai pengembang  perumahan baru untuk menarik para konsumen. Tidak hanya penggunaan air yang hemat, kita juga bisa menampung air hujan yang membasahi area hunian saat musim hujan.

Air hujan yang ditampung ini nantinya bisa dipakai untuk menyiram toilet atau tanaman. Pasti banyak dari kita yang tidak sadar kalau kita sudah menghabiskan air hampir 4 liter tiap kali hanya untuk menyiram toilet.

Cara memanfaatkan air hujan tidaklah sulit. Kita cukup menyediakan sebuah penampung berupa sebuah tangki besar yang ditaruh di sisi rumah. Buat aliran air dari penampungan tersebut dengan menggunakan pipa atau selang ke kamar mandi atau taman belakang agar penggunaannya menjadi lebih mudah. Konservasi air juga bisa kita lakukan dengan cara memasang pemanas air tenaga surya di bagian atap rumah agar energi gas atau listrik bisa dihemat saat membutuhkan air hangat untuk mandi.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk melakukan langkah-langkah sederhana di atas? Selamat mencoba dan jangan lupa membersihkan lantai rumah dengan alat pembersih stik yang ringan dan praktis, Magiclean Wiper Stick. Serta dilengkapi dengan dua macam tisu pembersih lantai, yaitu Magiclean Wiper Dry Sheet dan Magiclean Wiper Wet Sheet.