Ingin Dapur Selalu Bersih? Begini Triknya!

Jika dibandingkan dengan ruang tamu, dapur merupakan ruangan yang paling banyak digunakan dan lebih berpotensi kotor. Umumnya, kotoran yang berada di dapur bersifat membandel karena telah bercampur dengan minyak, dan bahan lainnya.

Tentu saja untuk membersihkannya Anda tidak bisa asal pel saja. Berikut beberapa trik agar dapur Anda lebih bersih maksimal.

Mulai Dari Tempat Cuci Piring

Saat membersihkan dapur, hal pertama yang harus dituju adalah tempat cuci piring. Setelah semua piring dan perlengkapan makan plus masak dibersihkan, jangan lupa untuk membersihkan tempat mencucinya agar bebas dari kotoran dan sisa minyak.

Lakukan Perawatan Peralatan Masak

Walaupun tidak digunakan, sebaiknya bersihkan peralatan memasak Anda, setidaknya sebulan sekali. Khusus untuk alat masak yang biasa lama disimpan, sebaiknya keringkan dulu sebelum Anda kembali menyimpannya agar debu tidak mudah menempel.

Beri Minyak Pada Peralatan Kayu

Khusus untuk peralatan dari kayu, sebaiknya lapisi dengan minyak. Tapi ingat, proses pelapisan ini harus dilakukan setelah peralatan kayu dicuci dan dikeringkan. Setelah diolesi minyak, kembali keringkan peralatan kayu tersebut dan baru bisa disimpan kembali.

Jaga Permukaan Dapur Selalu Bersih

Mungkin butuh waktu lama untuk membersihkan setiap sudut dapur, termasuk peralatan masak di dalamnya. Tapi setidaknya, Anda wajib menjaga permukaan dapur tetap bersih dan bebas minyak dengan cara membersihkannya secara rutin.

Sediakan Tempat Sampah

Sebaiknya ukuran tong sampah di dapur tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Hal ini dilakukan agar sampah di dapur bisa ditampung cepat dan Anda tidak terlalu lama menunggu tong sampah penuh hingga sampah di dalamnya membusuk dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Biasakan Efisien dalam Memasak

Cobalah untuk masak dengan efisien. Dengan kata lain, jika harus memasak banyak, maka lakukan dalam sekali waktu. Lebih sering masak berpotensi membuat dapur Anda lebih sering kotor, dan Anda pun makin lelah saat akan membersihkannya.

Hati-hati dengan minyak

Minyak merupakan masalah utama dapur. Selain karena sulit dibersihkan, noda minyak pun kerap berkamuflase dengan furniture di dapur sehingga dapur tampak bersih, padahal tidak. Indikasi dapur berminyak adalah beberapa bagiannya terasa lengket dan debu yang menempel sulit dibersihkan.