Begini Caranya Agar Rumah Mungil Anda Tetap Hijau

Bagi masyarakat perkotaan yang tidak punya cukup lahan untuk membuat taman, menanam tanaman mungil dalam pot merupakan solusi jitu agar rumah tetap hijau. Biasanya, tanaman yang dipilih tingginya sekitar 7cm, seperti sukulen, kaktus mini dan lainnya.

Tapi ingat, merawat tanaman mungil ini tidak bisa asal. Dilansir dalam rumah.com, berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman mungil agar rumah tetap hijau.

Rutin menyiram

Tanah yang terlalu kering bisa cepat layu dan mati, sementara jika tanahnya terlalu lembab atau basah, mengakibatkan akar tanaman busuk atau hancur, dan menghambat perumbuhan tanaman.

Agar tanaman yang Anda pilih tetap sehat dan tumbuh maksimal, pastikan frekuensi penyiraman sesuai dengan kebutuhan. Misalnya 2-3 hari sekali untuk jenis tanaman tropis, dan lebih jarang lagi untuk jenis kaktus mini. Tapi ingat, pastikan air yang disiramkan cukup dan jangan terlalu basah!

Cukup terkena sinar matahari

Selain air, tanaman mungil pun butuh sinar matahari untuk berfotosintesis. Perhatikan kualitas, durasi, dan intensitas cahaya yang menerpa tanaman tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memenuhi kebutuhan sinar matahari, sebaiknya letakkan tanaman di dekat jendela bertirai atau berada di meja teras luar. Kalau punya lahan di belakang rumah yang terkena pancaran matahari langsung, tidak ada salahnya Anda menempatkan tanaman tersebut di sana.

Gunakan alat pelembap

Khusus untuk ruangan kecil, pastikan tanaman tersebut mendapatkan kelembaban yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Bagaimanapun juga, tanaman membutuhkan tingkat kelembaban yang cukup, terutama untuk jenis tanaman tropis.

Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan alat pelembab ruangan dengan uap sejuk. Khusus untuk jenis kaktus, sebaiknya tempatkan di tempat terpisah. Jangan disamakan dengan jenis tanaman tropis.

Gunakan pupuk NPK

Dari beberapa jenis pupuk yang beredar di pasaran, pupuk NPK merupakan jenis terbaik untuk tanaman mungil. Pupuk ini digunakan untuk menyuburkan tanaman dengan kandungan nutrisi yang tergolong cukup, sesuai dengan kebutuhan tanaman rumahan.

Agar sesuai, Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan komposisi 10-10-10, atau sesuaikan saja dengan kebutuhannya. Bagaimana, mudah bukan?