Ini Lho Manfaat Memasak Bersama untuk Si Kecil

Banyak orangtua yang melarang anak-anaknya beraktivitas di dapur, apalagi ikut campur dalam urusan memasak. Selain alasan kebersihan, mereka pun menganggap anak-anak bisa mengacaukan acara memasak dan membuat hasil masakannya jadi kurang maksimal.

Padahal kalau digali lebih dalam, memasak bersama anak punya banyak manfaat lho, diantaranya:

Terbuka Pada Makanan Baru    

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Alverta, dan dipublikasi dalam Journal Public Health Nutrition, memasak bersama anak memiliki sejumlah manfaat positif bagi mereka, salah satunya Si Kecil akan lebih terbuka dengan makanan baru.

Selain itu, mereka pun akan mudah menerima makanan sehat, terutama sayuran yang selama ini dianggap sebagai makanan paling dibenci anak-anak.

Pendapat serupa dilontarkan Psikolog Anak, Rini Hildayani, M.Si, yang menyebut jika anak yang dilibatkan dalam membantu orang tua memasak dan menyiapkan makanan, terbukti lebih lahap saat mereka diminta untuk mengonsumsi salad dan pastanya.

Pintar Matematika

Pakar Gizi Anak, Jill Castle, MS, RD, menyebutkan jika membutuhkan kemampuan untuk membaca resep, dimana saat membaca resep mereka secara tidak langsung akan belajar penjumlahan, perkalian, membagi, menimbang hingga belajar tentang pecahan seperti ½ cangkir atau ¾ sdt.

Menurut Jill, kebiasaan ini merupakan salah satu penerapan ilmu matematika sederhana dalam kehidupan sehari-hari,. Saat Si Kecil sudah terbiasa dengan ini, mereka pun akan cenderung lebih cepat belajar matematika saat di sekolah nantinya.

Belajar Proses

Saat mengajar Si Kecil memasak, dia akan tahu jika makanan yang dia konsumsi berawal dari proses memasak yang cukup panjang, dari mulai persiapan bahan, memotong sayuran, mempersiapkan bumbu, memasak hingga menyajikan.

Kebiasaan ini secara tidak langsung akan membantu mereka mengembangkan keterampilan membaca dan memahami suatu proses dalam satu waktu.

Selain itu, selama memasak pun mereka akan belajar tentang eskperimen ilmiah, seperti akibat terlalu banyak garam yang membuat makanan jadi keasinan, atau waktu memanggang yang terlalu lama hingga membuat makanan jadi gosong.

Belajar Menghargai

Si Kecil akan merasa senang saat makanannya dipuji karena bentuknya yang cantik dan rasanya yang enak. Selain itu, mereka pun akan semangat untuk mencicipi makanan hasil olahannya sendiri, dan belajar mengenal konsekwensi yang dihasilkan selama proses memasak.

Pada gilirannya, proses ini akan membuat Si Kecil bisa tahu bagaimana cara menghargai karya orang lain, setidaknya dengan memberikan pujian, dan tahu bagaimana cara menyampaikan kritik yang membangun saat makanan orang lain dirasa kurang enak menurut lidahnya.

Banyak sekali bukan manfaat memasak bersama untuk Si Kecil? Agar kegiatan memasak bersama Si Kecil menjadi lebih higienis, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lantai dapur. Gunakanlah rangkaian produk pembersih lantai Magiclean Wiper yang terdiri dari Wiper Stick, Wiper Dry Sheet dan Wiper Wet Shet agar kebersihan lantai dapur menjadi lebih terjaga.