Hati-hati. Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Mesin Cuci Anda!

Aktivitas yang sangat padat, terkadang membuat kita lalai dalam memperhatikan hal-hal kecil, seperti perawatan mesin cuci. Padahal sama seperti perabotan elektronik lainnya, mesin cuci butuh perawatan khusus agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Berikut beberapa kebiasaan sepele yang tidak hanya menurunkan kualitas cucian, tapi juga bisa membuat mesin cuci cepat rusak.

Tidak menutup pintu ketika proses pencucian

Terlihat sepele memang, tapi tidak membiarkan pintu mesin cuci tipe top load terbuka saat proses pencucian ternyata memberi banyak manfaat, misalnya menghindari suhu lembab yang memicu pertumbuhan jamur, dan ampuh membuat interior mesin cuci lebih harum dan segar.

Perlu diingat, membuka pintu mesin cuci bisa dilakukan saat proses pengisian air saja. Setelah proses pengisian selesai, Anda bisa menutupnya kembali selama proses pencucian baju dan pembilasan.

Tidak pernah membersihkan filter air

Banyak yang tidak menyadari jika dalam mesin cuci terdapat komponen yang berfungsi sebagai penyaring yang disebut filter air. Untuk membersihkannya, Anda bisa menarik keluar filter tersebut, dan cuci dengan cara menyikatnya. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Selain itu, Anda pun disarankan untuk membersihkan sisa deterjen yang menempel di interior mesin cuci dengan cara menyiramnya dengan air panas. Proses ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali.

Lupa membersihkan kotak deterjen

Dalam beberapa jenis mesin cuci, Anda bisa melihat sebuah kotak khusus yang berfungsi untuk menyimpan deterjen atau pelembut pakaian. Agar tetap bersih, sebaiknya cuci bagian ini secara berkala dengan menggunakan air panas. Proses ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

Proses pembersihkan wadah ini efektif untuk menjaga sirkulasi deterjen tetap maksimal, tidak lengket dan membantu agar hasil cucian lebih maksimal.

Mengisi tabung cuci terlalu penuh

Saat membeli mesin cuci, Anda sudah diwanti-wanti dengan kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut, misalnya kapasitas 7 kg, 9 kg dan lainnya. Nah, batasan maksimal tersebut harusnya bisa dipahami untuk memastikan mesin cuci Anda awet dan bisa bekerja dengan maksimal.

Selain itu, mencuci dengan kapasitas berlebih, justru akan membuat hasil cucian kurang bersih. Kalau ingin aman, sebaiknya beri ruang setidaknya 25 persen agar kinerjanya lebih ringan.