Hati-hati, 7 Barang di Kamar Ini Berpotensi Buruk Bagi Kesehatan

Kamar tidur merupakan tempat privasi yang kebersihan dan kenyamanannya wajib dijaga. Selain untuk menjaganya tetap nyaman saat digunakan, kebersihan kamar pun wajib diperhatikan agar tidak berpotensi buruk bagi kesehatan.

Berikut merupakan beberapa barang yang ada kamar yang harus rutin dibersihkan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Bantal

Bantal merupakan senjata ampuh untuk menjamin kenyamanan saat tidur. Tapi jika tidak dibersihkan dan diganti sarungnya secara rutin, bantal bisa jadi sumber bakteri, jamur dan tungau debu. Selain itu, bantal yang kotor pun bisa memicu alergi dan masalah kesehatan yang serius.

Untuk menjaganya tetap bersih, ganti sarung bantal setidaknya 2-3 kali per minggu, dan jemur bantalnya dibawah sinar matahari setiap hari.

Tanaman dalam kamar

Beberapa orang berinisiatif untuk memasukkan tanaman ke kamar untuk memberi nuansa berbeda, sekaligus membawa kesegaran tanpa AC. Tapi jangan cuma disiram saja, tanaman pun harus dibersihkan, terutama bagian pot-nya.

Selain itu, tanaman sebaiknya disimpan di lokasi yang kering dan mudah terkena sinar matahari agar tetap sehat dan tidak berjamur.

Hewan peliharaan

Walaupun bisa jadi teman tidur yang menyenangkan, sebaiknya hewan peliharaan dilarang berada dalam kamar untuk waktu yang lama. Pasalnya, bulu hewan rentan rontok dan berpotensi mengotori ruang. Selain itu, rontokan bulu hewan bisa jadi makanan tungau.

Tidak hanya itu, hewan peliharaan pun berpotensi membawa kutu yang bisa menyebar ke kasur dan benda lainnya yang berada di kamar.

Lilin            

Untuk memunculkan suasana yang romantis, banyak orang yang memasang lilin sebagai penerangan saat tidur. Selain itu, ada juga yang menggunakan lilinaroma terapi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Tapi ingat, beberapa lilin mengandung bahan kimia berbahaya, seperti, lilin parafin beraroma yang mengandung benzena dan toluene yang bisa berbahaya bagi orang yang memiliki masalah pernafasan. Agar aman, sebaiknya pilih lilin yang terbuat dari lilin lebah dan kedelai.

Jendela

Jika terus dibiarkan dalam kondisi tertutup, jendela bisa jadi sarang laba-laba.

Untuk mengatasinya, sebaiknya buka jendela kamar secara berkala, minimalnya saat pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Selain untuk menjaga sirkulasi udara tetap maksimal, cara ini pun cukup efektif membuat laba-laba malas bersarang disana.

Kasur

Dibanding bantal, kasur punya tingkat kekotoran yang lebih tinggi. Untuk menjaga kebersihannya, sebaiknya jemur kasur setidaknya seminggu sekali, dan gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

Selain itu, Anda pun bisa melapisi kasur dengan matras yang efektif utnuk menahan bakteri dan kotoran agar tidak langsung bersentuhan dengan kasur.

Karpet

Walaupun berada di dalam kamar, kasur menyimpan banyak debu dan kotoran, apalagi jika Anda terbiasa membawa hewan peliharaan masuk ke dalam kamar. Untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan vacuum cleaner, paling tidak seminggu sekali.

Untuk mengurangi timbunan debu, Anda bisa mengganti karpet dengan alas lantai lainnya, seperti parket atau bahan lainnya yang minim dalam menyimpan debu. Selamat mencoba!